PROGRAM SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Gambar

DISUSUN OLEH :

 MULHENDRI, SE

KEPALA SD PLUS MARHAMAH

KECAMATAN KOTO TANGAH

 

KOTA PADANG

 

2012

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur  dipersembahkan ke hadirat Allah Yang Maha Kuasa , atas rahmat dan karunia-Nya jualah kami dapat menyelesaikan penyusunan Program Supervisi Tahun 2012/2013 pada SD Plus Marhamah

Program Supervisi Tahun 2012/2013 pada SD Plus Marhamah ini disusun dengan latar belakang tuntutan untuk memenuhi implementasi salah satu kompetensi yang harus dikuasai dan dilaksanakan seorang Kepala Sekolah yaitu Kompetensi Supervisi. Pogram Supervisi tahun 2012/2013 ini meliputi Supervisi Manajerial dan Supervisi Akademis. Supervisi Akademis dilakukan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam melaksanakan tugas pokoknya sedangkan Supervisi Manajerial dilakukan untuk meningkatkan kinerja pengelolaan dan administrasi sekolah.

Harapan kami semoga Program Supervisi Tahun Pelajaran 2012/2013 dapat terlaksana dengan efektif dan bermanfaat bagi peningkatan kualitas pembelajaran dan kualitas pengelolaan setiap unit kegiatan  dan administrasi sekolah.

Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penyusunan Program Supervisi Tahun 2012/2013 ini terutama Ibu Ketua Yayasan Marhamah dan Pengawas yang memberi masukan bagi terwujudnya Program Supervisi ini.

Padang,  I Juli 2012

                                                                                              Kepala SD Plus Marhamah

                                                                                           Mulhendri, SE

                                               

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL              …………………………………………………………………………..

KATA PENGANTAR           …………………………………………………………………………..

DAFTAR ISI                          …………………………………………………………………………..

BAB 1. PENDAHULUAN   …………………………………………………………………………..

a. Latar Belakang     …………………………………………………………………………..1

b. Landasan Hukum           …………………………………………………………………………..1

c. Tujuan                   …………………………………………………………………………..1

d. Ruang Lingkup    …………………………………………………………………………..2

BAB II. RENCANA PELAKSANAAN SUPERVISI TAHUN 2012/2013          ……….

a. Rencana Pelaksanaan Supervisi Akademis Tahun 2012/2013    ……….4

b. Rencana Supervisi Internal Manajerial Tahun 2012/2013 …………………4

c. Jadwal Kegiatan Supervisi Akademis Tahun 2012/2013    …………………4

BAB III. PENUTUP              …………………………………………………………………………..5

LAMPIRAN

Jadwal Kegiatan Supervisi Akademis Tahun 2012/2013

Instrumen Supervisi

BAB 1

P E N D A H U L U A N

  1. A.           Latar Belakang.

Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 menyatakan bahwa seorang Kepala Sekolah harus menguasai Standar Kompetensi Kepala Sekolah yang terdiri atas : kompetensi kepribadian, kompetensi manajerial, kompetensi supervisi, kompetensi kewirausahaan dan kompetensi sosial.

Penjabaran kompetensi supervisi pada intinya adalah supervisi akademis dimana langkah-langkah yang dilakukan adalah merencanakan program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru, melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat serta menindaklanjuti hasil supervisi akademik terhadap guru dalam rangka peningkatan profesionalismenya.

Mencermati hasil analisis Program Supervisi Tahun 2012/2013 pada SD Plus Marhamah secara umum ditemukan beberapa kelemahan yang perlu diperbaiki bagi peningkatan kualitas pembelajaran sekaligus peningkatan profesionalisme guru, seperti masih adanya guru yang belum melengkapi administrasi penunjang pembelajaran dll.

Karena itu dalam rangka melaksanakan tugas Kepala Sekolah sebagai Supevisor/Penyelia maka perlu disusun program supervisi yang secara menyeluruh dan sistematis menjabarkan rencana kegiatan yang akan dilakukan serta apa tindak lanjut dari hasil supervisi setelah kegiatan dilakukan agar terjadi perbaikan yang signifikan dalam kegiatan akademis di SD Plus Marhamah

  1. B.           Landasan Hukum.
    1. Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
    2. Undang Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
    3. Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
    4. Permendiknas RI Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi  Kepala Sekolah / Madrasah
    5. Permendiknas RI Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
    6. Permendiknas RI Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan
    7. C.           Tujuan.

Penyusunan Program Supervisi Tahun 2012/2013 pada SD Plus Marhamah ini bertujuan sebagai berikut :

  1. Acuan bagi pelaksanaan kegiatan supervisi di lingkungan SD Plus Marhamah
  2. Meningkatkan profesionalisme guru dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pendidik
  3. Meningkatkan kualitas proses pembelajaran pada setiap mata pelajaran yang bermuara pada peningkatan kualitas tamatan.
  4. Selain supervisi akademis , program supervisi ini juga dilengkapi dengan supervisi manajerial pada setiap unit kegiatan di lingkungan SD Plus Marhamah yang merupakan supervisi internal dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan unit kegiatan dan administrasi sekolah
  5. D.              Ruang Lingkup.

Adapun ruang lingkup Program Supervisi Tahun 2012/2013 pada SD Plus Marhamah adalah :

  1. Supervisi Akademis :
  • Kelengkapan Administrasi :
  1. Silabus
  2. Rencana Program Pembelajaran (RPP)
  3. Jadwal pelajaran
  4. Progam Tahunan
  5. Program Semester
  6. Program Bimbingan
  7. Daftar Nilai
  8. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
  9. Daftar Penyerahan Rapor
  10. Buku Keliling
  11. Bank Soal
  12. Analisis Nilai Ulangan
  13. Analisis Soal Ulangan
  14. Batas Pelajaran
  15. Buku Remedial dan pengayaan
  16. Buku Daftar Kelas
  17. Absen
  18. Daftar Piket Siswa
  19. Buku Keuangan Siswa
  20. Buku Inventaris Kelas
  21. Buku Agenda/ rapat guru
  22. Buku Tamu
  23. Data Dinding
  • Peningkatan Penguasaan Metode Pembelajaran
  • Peningkatan Penguasaan Model Model Pembelajaran
  • Peningkatan Penguasaan Sistem Penilaian Hasil Belajar
  • Pelaksanaan Pembelajaran
  1. Supervisi Internal Manajerial :
  • Administrasi Tata Usaha
  • Kurikulum
  • Kesiswaan/Ekstra Kurikuler
  • Sarana/Prasarana
  • Perpustakaan
  • UKS
    • Laboratorium

BAB II

RENCANA PELAKSANAAN SUPERVISI TAHUN 2012/2013

  1. A.              Rencana Pelaksanaan Supervisi Akademis Tahun Pelajaran 2012/2013

Pelaksanaan Supervisi Akademis Tahun Pelajaran 2012/2013 yang disusun berdasarkan hasil evaluasi dan analisis pelaksanaan supervisi akademis tahun sebelumnya diharapkan akan memberikan dampak berupa perbaikan sekaligus peningkatan mutu proses dan output proses pembelajaran langsung yang dilaksanakan guru-guru mata pelajaran di kelas yang diindikasikan dengan adanya perbaikan pada :

  1. Peningkatan pemahaman guru terhadap Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP)
  2. Kelengkapan Administrasi guru
  3. Adanya manajemen yang baik dalam pelaksanaan kegiatan belajar disekolah maupun kegiatan penunjang lainnya.

Agar pelaksanaan Supervisi Akademis Tahun Pelajaran 2012/2013 ini berlansung efektif dan dapat memvisitasi seluruh guru mata pelajaran maka petugas supervisi terdiri atas : Kepala Sekolah, Ketua Yayasan, Pengawas Pendidikan TK/SD, Wakil Kepala Sekolah dan Guru-Guru Senior yang kompeten dan dianggap layak dan mampu melaksanakan Supervisi .

  1. B.           Jadwal Pelaksanaan Supervisi Akademis Tahun Pelajaran 2010/2011.

Jadwal Pelaksanaan Supervisi Akademis Tahun Pelajaran 2012/2013 disusun dengan mempertimbangkan hari efektif belajar dan disusun atas Jadwal Pelaksanaan Supervisi Akademis Semester Ganjil dan Jadwal Supervisi Akademis Semester Genap. Jadwal selengkapnya terlampir :

  1. C.           Rencana Supervisi Manajerial Internal

Pelaksanaan Supervisi Internal dalam bidang manajerial sekolah dilakukan pada setiap unit kegiatan yang ada dalam jajaran manajerial SD Plus Marhamah. Pelaksanaannya dilakukan bersama oleh Kepala Sekolah bersama dengan Pengawas pada setiap unit dengan target utama adalah pembenahan pada :

    • Kinerja Tim Pengembang Kurikulum dalam mereviu dan merevisi KTSP
    • Perlunya dibentuk Tim Pengembang Kurikulum SD Negeri  yang solid
    • Peningkatan pengelolaan sarana dan prasarana
    • Peningkatan pengelolaan lingkungan dan Budaya Sekolah
    • Peningkatan sistem informasi manajemen
    • Peningkatan Kemitraan dan kerjasama dengan orang tua siswa dan pihak lain
    • Peningkatan Manajemen Pengelolaan UKS dan Labor serta optimalisasi pemakaiannya dalam rangka meningkatkan kompetensi siswa
    • Peningkatan kegiatan pengembangan diri meliputi layanan konseling dan peningkatan kualitas kegiatan ekstra kurikuler

BAB III

P E N U T U P

            Demikianlah program supervisi SD Plus Marhamah ini disusun dengan harapan dapat meningkatkan kinerja dan kualitas pengelolaan sekolah dan kualitas pembelajaran pada setiap program keahlian di SD Plus Marhamah. Pada akhir tahun pelajaran akan dilakukan evaluasi dan dirumuskan tindak lanjut nya sebagai dasar penyusunan program supervisi SD Plus Marhamah  tahun pelajaran 2012/2013

About these ads

4 thoughts on “PROGRAM SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s